Copyright © Ruang Konseling Watuna
Design by Dzignine
Senin, 27 Februari 2012

Remaja Berprestasi



Sebenarnya, pencapaian prestasi pada masa remaja sangat penting, terutama prestasi belajar, karena menjadi landasan untuk langkah-langkah selanjutnyaTetapi, John W. Santrock dalam bukunya yang berjudul Adolescence menganggap bahwa masa remaja adalah masa kritis dalam pencapaian prestasi. Hal ini disebabkan tekanan sosial dan akademis yang memaksa remaja untuk berprestasi dengan cara-cara yang baru.

Ada pula dengan prestasi yang membutuhkan motivasi untuk mencapai kesuksesan. Motivasi berprestasi adalah keinginan untuk menyelesaikan sesuatu, mencapai suatu standar kesuksesan, dan berusaha untuk mencapai kesuksesan tersebut.

Tetapi, menurut Homer seperti yang dikutip melalui buku Adolescence, sekarang ini, banyak remaja yang takut akan kesuksesan. Mereka khawatir tidak akan diterima oleh lingkungan sosialnya bila mereka sukses. Tentu saja, kita tidak boleh larut dalam pandangan keliru tersebut. Kita memang makhluk sosial yang membutuhkan orang lain dalam kehidupan.

Akan tetapi, kita juga mempunyai kewajiban bersama dan mencapai apa yang kita cita-citakan. Jika selama ini kita belum berprestasi, kita tidak perlu malu untuk memulai membangun prestasi. Karena prestasi kita di masa depan ditentukan oleh apa yang kita lakukan saat ini.

Oleh karena itu, jadilah remaja yang berhasil. Jadilah remaja yang sukses di sekolah dan menikmati sekolahnya.Jadilah remaja yang memiliki prestasi di bidang yang disukai.

Sifat siswa yang berprestasi …
  •          Yakin bahwa Prestasi adalah tanggung jawab diri sendiri.
  •          Berpendapat bahwa sekolah itu penting, tetapi bukan yang paling penting.
  •          Memahami bahwa sekolah tidak 100% mengasyikkan.
  •          Memandang diri sendiri sebagai sosok yang kompeten dan mampu.
  •         Jika tidak mendapatkan nilai sempurna dalam suatu mata pelajaran, maka tidak akan menganggap hal itu sebagai kegagalan.
  •       Tidak begitu menekankan arti penting kesuksesan.Menyadari bahwa membuat kesalahan adalah bagian dari proses belajar dan berkembang.

SUKSES BERPRESTASI DI SEKOLAH
Ada banyak hal yang dapat kita lakukan agar kita dapat berprestasi dalam belajar:
1.Persiapan diri dalam menghadapi pelajaran
2.Menciptakan pusat belajar di rumah
3.Pengaturan waktu
4.Pengaturan kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan dalam belajar

Persiapan Menghadapi Pelajaran
1.      Di rumah. Sebelum berangkat sekolah, periksa dulu barang-barang yang kita butuhkan hari itu! Apakah semuanya sudah lengkap untuk dibawa?

2.      Di lokermu. Sebelum masuk kelas, periksa dulu loker kita! Pastikan semua yang kita butuhkan sudah tersedia.

3.      Di kelas. Sebelum ke luar kelas, catat tugas-tugas yang diberikan dan apa yang harus kita lakukan!

4.    Kembali ke rumah. Periksalah jadwal harianmu! Cobalah berpegang teguh pada jadwal itu! Tepatilah komitmen belajar kita! Jika memungkinkan, kerjakan PR pada jam yang sama setiap hari.

5.      Di rumah. Sebelum tidur, letakkan tas, alat tulis, buku, PR, tugas sekolah yang sudah ditandatangani, tugas-tugas khusus, dan apa saja yang kita butuhkan esok paginya di satu tempat.

Tips agar bisa belajar dengan baik.
1.     Tempat. Berusahalah menemukan tempat yang tenang dan bebas dari gangguan (suara telepon, TV, radio, video game).
2.      Pencahayaan. Sebagian siswa menyukai cahaya terang, sementara yang lain memilih cahaya yang lebih redup. Tetapi, cahaya alami matahari adalah cahaya yang paling bagus untuk kita.
3.      Tempat duduk. Boleh meringkuk di sofa empuk ketika membaca cerita. Dan cobalah untuk duduk di kursi berpunggung di depan meja agar kita berkonsentrasi.
4.       Keributan. Carilah tempat yang jauh dari pusat keramaian.
5.   Alat tulis. Siapkan alat tulis selengkap mungkin, seperti pensil, pulpen, karet penghapus, rautan pensil, penggaris, dan pensil warna di mejamu.
6.      Komputer. Jika kamu memiliki komputer di rumah yang diletakkan bukan di temapat belajar, melainkan di tempat umum yang bisa digunakan bersama anggota keluarga laian, dan kamu harus membuat jadwal untuk menggunakan komputer.7.Tempat menyimpan tugas berjangka panjang. Sebagian tugas dari sekolah bisa menghabiskan waktu berminggu-minggu atau berbulan-bulan untuk diselesaikan. Dalam merencanakan tugas berjangka panjang, pikirkan pula cara menata bahan-bahan yang kamu butuhkan untuk tugas 

Terima Kasih Telah Membaca...:)
~3

0 komentar:

Poskan Komentar