Senin, 27 Februari 2012

Pemahaman Diri (Part II)

(Narasumber I: RSM, VII Al Khuwarizmi SMP IT Al Furqon)

Kekuatanku
1. Saya bisa menulis dengan   tangan kiri
2. Saya bisa menyusun rubik 3x3 sampai selesai
3. Saya bisa mendapatkan juara III pada MID semester
4. Saya bisa Maen Bola
5. Saya bisa Shalat


Kelemahanku
1. Badan saya kurus
2. Saya tidak bisa menulis dengan tangan kanan
3. Saya takut dengan tikus besar yang masih hidup

(Narasumber II: AFH, VII Al Ghazali SMP IT Al Furqon)
Kekuatanku
1. Saya bisa melihat mahkluk halus
2. Pro dalam games
3. Saya bisa menggerakkan alis tanpa menggerakkan mata
4. Tangan Saya dapat bergerak lebih cepat dari orang lain
5. Sering memata-matai orang lain tanpa ketahuan siapapun

Kelemahanku
1. Tidak kuat bermain bola
2. Pemalas
3. Sering melupakan apa yang dilihat dalam sekejap

(Narasumber III: FAF, VII Al Farabi SMP IT Al Furqon)
Kekuatanku
1. Bisa nyanyi (lumayanlah...)
2. Mengikuti "trend senter" selebritis
3. Bisa jadi pembawa acara yang lumayan ...:P
4. Sering mamberi "sesuatu" kepada orang lain
5. Lumayan cantik ... :P

Kelemahanku
1. Terlalu egois
2. Takut sebelum mencoba
3. Cengeng dan mudah tersinggung..:'(

Tulisan di atas adalah beberapa pendapat dari siswa - siswi SMP tentang kekuatan dan kelemahan pada diri mereka. 

Kekuatan adalah Kelebihan yang merupakan keunggulan yang bisa diasah sehingga bermanfaat bagi masa depan kita.

Kelemahan adalah sesuatu (kemampuan) yang kurang dari diri kita dan dapat mengganggu perkembangan diri.

Cara Pandang Seseorang
Ada dua kelompok orang yang memiliki cara pandang (konsep diri) yang berbeda terhadap dirinya

Kelompok pertama adalah mereka yang memiliki cara pandang positif terhadap dirinya. Orang dengan cara pandang seperti ini mampu menerima keadaan dirinya secara apa adanya. Artinya, orang tersebut bisa menerima risiko kekuatan dan kelemahannya.

Kelompok kedua adalah mereka yang memiliki cara pandang negatif terhadap dirinya. Orang dengan cara pandang seperti ini umumnya melihat dirinya hanya sebagian-sebagian, tidak secara utuh. Umumnya mereka terlalu menonjolkan salah satu aspek dirinya dan berusaha menutupi kekurangannya atau terlalu melihat kelemahannya sehingga tidak bisa melihat kelebihan dirinya.

Tanggapan Atas Kekuatan dan Kelemahan
Setiap orang pasti memiliki kekuatan atau potensi dan juga memiliki kelemahan, hanya saja berbeda-beda dalam jenis maupun intensitasnya.

Tidak ada orang yang tidak memiliki kekurangan, begitu juga tidak ada yang tidak memiliki kelebihan atau potensi.

^Terima_Kasih Telah Membaca^
~3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar