Kamis, 16 Februari 2012

Intergritas Diri

Intergritas Diri

Intergritas Diri adalah kesamaan antara kata dan perbuatan yang terwujud karena keseimbangan semua kebutuhan-kebutuhan manusi. Manusia dapat berkembang secara utuh tanpa ada satu pun keperluan yang terabaikan.Dengan kata lain, kebutuhan-kebutuhannya akan terpenuhi secara seimbang, tepat, dan proporsional (sesuai kebutuhan dan tidak berlebihan).



Kebutuhan Dasar Manusia

Maslow menggunakan piramida sebagai peraga untuk memvisualisasi gagasannya mengenaiteori hirarki kebutuhan. Menurut Maslow, manusia termotivasi untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan hidupnya. Kebutuhan-kebutuhan tersebut memiliki tingkatan atau hirarki, mulai dari yang paling rendah (bersifat dasar/fisiologis) sampai yang paling tinggi (aktualisasi diri).

Piramida Kebutuhan

Adapun hirarki kebutuhan tersebut adalah sebagai berikut :
Kebutuhan fisiologis atau dasar
Kebutuhan akan rasa aman
Kebutuhan untuk dicintai dan disayangi
Kebutuhan untuk dihargai
Kebutuhan untuk aktualisasi diri

Kebutuhan Fisiologi
Kebutuhan fisiologis yang utama adalah pangan (makan), sandang (pakaian), dan papan (tempat tinggal).
Di antara kebutuhan jasmani tersebut terdapat kebutuhan yang paling utama yaitu kebutuhan makan.
Jika kebutuhan akan makan sudah terpenuhi dengan baik, kesehatan dan kebugaran akan tetap terjaga karena gizi sudah terpenuhi.
Untuk menjaga kebugaran tubuh, kita juga perlu berolahraga dan beristirahat dengan cukup.

Kebutuhan Rasa Aman
Jenis kebutuhan yang kedua ini berhubungan dengan jaminan keamanan, perlindungan, situasi yang bisa diperkirakan, bebas dari rasa takut dan cemas. Karena adanya kebutuhan inilah maka manusia membuat peraturan, undang-undang, mengembangkan kepercayaan, membuat sistemasuransi, pensiun dan sebagainya.
Kalau safety needs ini terlalu lama tidak terpenuhi, maka pandangan seseorang tentang dunianya bisa terpengaruh dan perilakunya akan cenderung ke arah yang makin negatif

Kebutuhan dicintai dan disayangi
Setiap orang ingin mempunyai hubungan yang hangat dan akrab, bahkan mesra dengan orang lain. Ia ingin mencintai dan dicintai. Setiap orang ingin setia kawan dan butuh kesetiakawanan. Setiap orang pun ingin mempunyai kelompoknya sendiri. Setiap orang yang tidak mempunyai keluarga akan merasa sebatang kara, sedangkan orang yang tidak sekolah dan tidak bekerja merasa dirinya pengangguran yang tidak berharga. Kondisi seperti ini akan menurunkan harga diri orang yang bersangkutan.

Kebutuhan Harga Diri
Adalah kebutuhan akan penghargaan dari orang lain, status, ketenaran, dominasi, kebanggaan, dianggap penting dan apresiasi dari orang lain. Orang-orang yang terpenuhi kebutuhannya akan harga diri akan tampil sebagai orang yang percaya diri, tidak tergantung pada orang lain dan selalu siap untuk berkembang terus untuk selanjutnya meraih kebutuhan yang tertinggi yaitu aktualisasi diri (self actualization).

Kebutuhan Aktualisasi Diri
Kebutuhan untuk menyalurkan setiap potensi yang seseorang miliki.
Kebutuhan untuk diakui bahwa “Saya Bisa”
Kebutuhan untuk dianggap “Ada”

Terima kasih telah membaca .. :)
~3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar