Selasa, 06 Maret 2012

Sudahkah kita mengakui kesalahan?

Sudah kah kita mengakui kesalahan ?
Sudah kah kita mengakui kalau kita adalah bagian dari kesalahan ?
Sudah kah kita menyalahkan diri sendiri ketimbang sibuk menyalahkan orang lain ?

Ketika kita sibuk menyalahkan orang lain, maka kebencianlah yang semakin tumbuh. Tapi ketika kita merasa bahwa diri kita adalah bagian dari kesalahan maka Insya Allah justru kita akan terdorong untuk berusaha menjadi bagian dari manusia-manusia solutif.

Ketika kekacauan terjadi tidak kah kita merasa kalau jangan-jangan diri kita sendiri bagian dari pembuat masalah. Sederhana saja, ketika kita buang sampah sembaranganpun kita sudah bagian dari pembuat masalah. Ketika kita melontarkan kata-kata kasarpun kita sudah bagian dari pembuat masalah. Ketika kita bolos sekolahpun kita sudah bagian dari pembuat masalah.

Jadi, ketika kita sibuk mengkambinghitamkan orang lain, jangan-jangan kita sendiri adalah bagian dari kambing hitamnya.

Sibuk saling menyalahkan akan mempersulit untuk mendapatkan solusi tepat. Sulitnya solusi yang tepat serasa harapan semakin sempit. Inilah yang saya maksud “bukan berarti pesimis”, tapi situasi sudah menuntut kita untuk lebih berpikir solutif ketimbang saling menyalahkan. Karena, disadari atau tidak jangan-jangan kita ini turut andil dalam menciptakan masalah terlepas dari kecil dan besarnya maupun jangka pendek dan panjangnya.(dari berbagai sumber)

Terima kasih telah membaca..:)
~3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar