Jumat, 10 Februari 2012

Pengembangan Diri

Manusia tidak pernah dapat melihat dirinya dari sudut pandangnya sendiri. Manusia selalu membutuhkan orang lain untuk berinteraksi. Dengan itu, orang lain dapat memberikan pandangannya.
  Setiap orang berbeda-beda tergantung pengalaman hidupnya. Setiap orang memilki kelebihan dan kekurangan. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk belajar menerima diri kita sendiri sebagaimana adanya, dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Hal ini apat kita lakukan dengan mengenali diri kita sendiri dan menyadari perasaan kita. Misal: pada saat marah kita menyadari bahwa apakah marah tersebut akan kita ungkapkan atau tidak.
Tak seorang pun benar-benar dapat membebaskan dirinya dari pandangan atau penilaian orang lain terhadap dirinya. Kita sering tidak tahu dengan pasti bagaimana pandangan orang lain terhadap kita. Kita cenderung untuk mempercayai dugaan kita saja. Dugaan-dugaan ini dapat menjadi benar atau salah. Namun yang pasti dugaan ini, akan mempengaruhi tingkah laku social kita dan cara kita bergaul
Jika hubungan antar manusia dapat diumpamakan sebagai jendela, maka jendela itu terbagi 4 bagian. Dalam situasi berbeda, luas masing-masing jendela dapat berubah . ilustrasinya dapat dilihat sebagai berikut:
A
Bagian Bebas
B
Bagian Gelap/Buta
C
Bagian Pribadi
D
Bagian Ketidaksadaran

A.Bagian Bebas (aku tahu – orang lain juga tahu). Dalam bagian ini, kita tidak menyembunyiakan apapun dan dapat bergerak sangat bebas atau leluasa. Bagian ini dikenali diri sendiri dan orang lain.

B. Bagian Gelap/ Buta (orang lain tahu – aku tidak tahu). Dalam bagian ini, orang lain lebih mengenali atau mengetahui diri kita dari pada kita sendiri. Selain itu, pada bagian ini tercakup semua perasaan, kebiasaan, prasangka dan kecenderungan yang tidak bisa kita sadari, sementara kita tidak mengetahui sma sekali.

C.Bagian Pribadi (aku tahu – orang lain tidak tahu). Inilah bagian dari pemikiran dan tingkah laku kita yang secara sadar kita sembunyikan dari orang lain. Misal: keingin-keingina, rahasia, titik lemah diri atau hal-hal yang kita anggap tidak akan disukai orang lain

D. Bagian ketidaksadaran (aku tidak tahu – orang lain juga tidak tahu). Bagian ini tidak kita ketahui dan juga tidak diketahui oleh orang lain. 

Terima kasih telah membaca ... :)
~3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar